Tips dan Trik Bisnis Internet, gratis...

Klub Bisnis Internet Berorientasi Action

Jumat, 25 Maret 2011

Budidaya Buah Naga

Pengenalan
Buah Naga ialah tanaman baru yang belum dibudidayakan sepenuhnya di negara kita. Namun demikian, penanaman buah naga mula mendapat perhatian dan sambutan hangat karena buah ini mengandung khasiat yang tinggi dibanding buah lain. Buah naga berasal dari negara-negara Amerika Latin yaitu Chile, Argentina, Peru, dan Mexico. Buah ini di bawa ke Vietnam sebagai tanaman hiasan yang kemudiannya ditanam secara besar-besaran setelah mengetahui rasa dan manfaat buahnya. Kini Vietnam telah menjadi sumber penghasil dan pengeksport utama dunia untuk buah naga.
Keuntungan budidaya Buah Naga
  1. Sejenis buah asli yang tidak memerlukan racun serangga.
  2. Albumen mengeluarkan toksik dan mengalir keluar lebihan galian.
  3. Anthocyanin membebaskan radikal dan memperlambatk proses penuaan.
  4. Vitamin C mencantik dan menjadikan kulit kelihatan lebih cerah.
  5. Pengurangan berat badan karena buah naga kaya serat yang mudah larut.
  6. Sebagai obat bagi penyakit diabetes (kencing manis).
  7. Mencegah penyakit kanser usus besar. Mempercepat proses pembuangan air besar.
Keseluruhannya, buah ini baik untuk kesehatan dan keperluan harian. Ini telah dibuktikan melalui analisis pemakanan yang dilakukan oleh "Taiwan Food Industry Develop & Research Authorities".

Kandungan gizi Per 100g penyajian Buah Naga Merah
Moisture
82.5 - 83 g
Protein
0.159 - 0.229 g
Fat
0.21 - 0.61 g
Crude Fiber
0.7 - 0.9 g
Carotene
0.005 -0.012 mg
Calcium
6.3 - 8.8 mg
Phosphorus
30.2 - 36.1 mg
Iron
0.55 - 0.65 mg
Vitamin B1
0.28 - 0.043 mg
Vitamin B2
0.043 - 0.045 mg
Vitamin B3
0.297 - 0.43 mg
Vitamin C
8 - 9 mg
Thiamine
0.28 - 0.30 mg
Riboflavin
0.043 - 0.044 mg
Niacin
1.297 - 1.300 mg
Ash
0.28 g
Other
0.54 - 0.68 g

  (Berdasarkan hasil riset Taiwan Food Industry Develop & Research Authorities, report code "85-2537") 



AGRONOMI TANAMAN
Jenis Buah Naga
Buah naga atau nama ilmiahnya hylocereus undatus tergolong dalam keluarga Cactaceae atau kaktus. Buah ini terbahagi menjadi tiga jenis yaitu Jenis putih (Hylocereus undatus), Jenis merah (Hylocereus polyrhizus), dan Jenis kuning (Hylocereus megalanthus), namun begitu hanya dua Jenis yang sesuai ditanam di Indonesia yaitu Jenis putih dan merah. Jenis ini mempunyai sifat tanaman yang berlainan antara satu sama lain. Jenis putih mempunyai batang bewarna hijau putih, bahu yang tinggi dan kasar berbanding dengan Jenis merah. Tanaman buah naga termasuk dalam kumpulan jenis kaktus yang mudah tumbuh di kawasan tropika yang mempunyai sistem saliran yang baik.
Tanah
Sangat cocok ditanam pada tanah berpasir yang kaya dengan bahan organik.
Sifat tanaman dan penanaman
Buah naga mempunyai sifat fisiologi 'long day plant'. Ini bermakna tanaman ini memerlukan lama cahaya matahari yang panjang pada waktu siang. Tumbuhan ini hidup secara menjalar dan memerlukan sokongan untuk tumbuh. Oleh itu ia memerlukan tiang guna menyokong batangnya yang lembut. Tiang ini berfungsi untuk memudahkan batang dan dahannya memanjat dan menjalar. Jenis jarak tanaman yang akan di lakukan adalah 8' X 10' yang akan muat 500 batang tiang pada luasan satu hekar. Setiap batang tiang akan ditanam dengan empat batang pohon buah naga ini. Ini berarti 2000 batang pohon diperlukan pada lahan seluas satu hektar.
Bahan tanaman
Pohon buah naga bias di kembangbiak dengan semaian biji atau keratan batang. Penanaman dengan cara keratan batang lebih baik karena bahan tanaman mudah di peroleh dan pohon membesar dengan cepat. Keratan benih tersebut dikeringkan di tempat yang sesuai dan di tanam ke dalam polibag. Keratan boleh juga terus ditanam di ladang jika lubang dan tiang sudah disediakan. Pohon yang telah ditanam akan menjalar ke atas mengikut tiang. Pohon yang telah ditanam hendaklah diikat pada tiang supaya ia tidak mudah terkulai dan patah. Apabila Pohon buah naga sudah membesar dan memenuhi tiang sokongan, maka hendaklah dijarangkan supaya ia tidak bertindih-tindih.
Pemupukan
Sistem pemupukan tanaman dengan pupuk organik, ini adalah karena Pohon ini sesuai di tanam secara organik dan juga permintaan pasaran sekarang yang tinggi terhadap tanaman organik. Pupuk organik cair boleh juga di siram 7 hari sekali dan makin kerap apabila pohon sudah besar. Pemupukan yang berjadual dan sesuai keperluan Pohon perlu dilakukan bagi terjaminnya pertumbuhan pohon dan buah yang berkualitas dan terus-menerus.
Penyiraman
Pohon ini secara alaminya tidaklah memerlukan air yang banyak. Ini dikarenakan pohon ini jenis pohon kaktus padang pasir yang dapat menyimpan air. Air hanya diperlukan secukupnya pada musim panas. Pipa jenis PVC akan dipasang untuk memudahkan kerja penyiraman pada musim panas. Secaranya alaminya, pohon disiram seminggu sekali, tetapi jika terjadi hujan pada minggu tersebut, pohon tidaklah perlu disiram pada minggu tersebut.
Pembuahan
Pohon buah naga mengeluarkan bunga selepas satu tahun penanaman. Terdapat beberapa tahap dalam proses pengeluaran bunga yaitu;
  1. Tahap pembungaan
  2. Tahap pembentukan buah
  3. Tahap tumbesaran buah
  4. Tahap matang
  5. Penuaian hasil
Terdapat beberapa cara untuk proses pembuahan, antaranya adalah lebah, kupu-kupu, dan semut. Cara manual juga boleh dilakukan dengan sendiri selain menggunakan serangga.
Pemangkasan
Pemangkasan ialah aktivitas penjagaan yang penting. Dahan yang telah cukup panjang dan dahan yang telah menghasilkan buah perlu dipangkas dan dahan matang yang dipangkas boleh dijadikan keratan untuk bahan tanaman. Panjang keratan dan ukuran batang akan mempengaruhi masa pembungaan pada penanaman berikutnya
Penuaian hasil
Buah yang masak akan berubah warna kulitnya dari hijau menjadi merah dan mempunyai berat antara 200-600gr keatas dan kemungkinan dapat mencapai lebih sekilogram tiap biji.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar